Copyright © ISLAMIND
Design by Dzignine
Sabtu, 17 Desember 2011

Tips Memberikan Dukungan pada Pasangan

Tips Memberikan Dukungan pada Pasangan
Source : 30 Kiat Perkawinan Bahagia dan seterusnya
Dalam memberikan dukungan pada pasangan ada tips-tips khusus agar dukungan yang Anda berikan tidak disalahartikan oleh pasangan.
Berikut adalah tips yang dapat Anda terapkan :
·         Bersikaplah seolah-olah Anda menaruh minat pada ide pasangan Anda dengan meminta penjelasan lebih lanjut misalnya dengan bertanya , “Lalu bagaimana ?”
·         Dengarkanlah dengan antusias dan penuh perhatian ide pasangan Anda. Dan bila Anda kurang setuju dengan idenya, janganlah langsung menunjukkan kelemahan ide tersebut tetapi ceritakanlah mengapa ide tersebut mengkhawatirkan Anda.
·         Berilah pujian atas keberhasilan idenya tersebut.
·         Janganlah memberikan nasihat dan bersikap Andalah yang paling tahu karena pasangan Anda akan merasa Anda seperti orangtua mereka.(an
Membangun Komunikasi Dalam Pernikahan
Komunikasi dalam suatu pernikahan sangatlah penting karena tidak ada orang yang dapat hidup tanpa melakukan suatu komunikasi dengan orang lain. Dalam memulai suatu pernikahan pastilah ada perbedaan-perbedaan yang pada waktu pacaran belum terlihat atau tidak begitu dihiraukan. Perbedaan–perbedaan tersebut kadangkala dapat menimbulkan konflik dalam rumah tangga.
Terkadang kita ingin mengubah pasangan kita menjadi orang yang kita inginkan, tetapi hal itu seringkali menimbulkan kekecewaan dan kegagalan. Sebaliknya jika kita memusatkan perhatian untuk memperbaiki diri kita sendiri, dengan sendirinya akan membangun hubungan yang lebih baik dengan pasangan kita.
Dalam hubungan cinta terdapat reaksi berantai. Setiap perubahan yang terjadi pada diri Anda, otomatis pasangan Anda akan bereaksi terhadap perubahan tersebut. Contoh: Jenny sering memarahi suaminya karena suaminya terlalu memperhatikan mobil. Dia lebih senang di rumah dengan mobilnya daripada menemani Jenny ke mall. Hal tersebut sering membuat mereka bertengkar. Sedangkan suaminya mengharapkan Jenny seperti ibunya yang selalu melayani segala keperluannya di hari Minggu. Jenny kemudian menyadari kesalahannya dan berkata pada suaminya akan membantunya mencuci mobil pada Minggu pagi ini. Mulanya suaminya hanya menanggapi begitu saja tetapi pada Minggu pagi setelah selesai mencuci mobil, dia melihat perubahan besar dalam diri suaminya karena ia mengajak Jenny jalan-jalan ke mall.
Begitulah perubahan besar dapat terjadi dalam kehidupan pernikahan dimana Anda dapat merasakan kondisi seperti pada saat pacaran. Dengan melalui komunikasi kita dapat saling mengungkapkan segala kekesalan kita dan mencari solusinya. Melalui konflik yang timbul kita dapat saling meningkatkan kualitas pernikahan karena telah memaksa kita untuk berkembang dan berubah. Pasangan yang tidak pernah mengungkapkan kekesalan/ berdebat, kecil kemungkinannya untuk tetap bersatu dan meskipun mereka bersatu, energi mereka akan terpakai untuk kemarahan daripada untuk pertumbuhan.(an)

0 komentar:

Posting Komentar