Copyright © ISLAMIND
Design by Dzignine
Sabtu, 17 Desember 2011

Pinjam-Meminjam Menurut Tinjauan Al-qur'an dan Sunnah


Pinjam-Meminjam
Menurut Tinjauan Al-qur'an dan Sunnah


A.  Muqodimah
      Sejarah mencatat, dan kita semua mengetahui betapa susah dan pahitnya hidup ditengah-tengah negara yang sedang dilanda krisis, diantaranya adalah krisis moral, keyakinan dan yang tidak kalah pentingnya adalah krisis ekonomi. Setiap individu berharap serta berangan-rangan, bagaimana bisa hidup berkecukupan dan tidak kekurangan dari hal-hal yang dibutuhkan. Dan ini merupakan harapan yang sangat mustahil bisa tercapai. Karena pada hakekatnya manusia itu adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain dan ini tidak dapat dipungkiri.
          Manusia hidup erat hubungannya dengan muamalah dengan  individu yang lain. Masing-masing berusaha dengan berbagai upaya, untuk menciptakan suatu kondisi yang memudahkan keberlangsungan hidupnya. Tentunya didalamnya tidak lepas dari hubungan timbal balik, tolong menolong diantara sesama, lebih terkusus lagi dalam hal pinjam meminjam barang. Sehingga manusia sangat mudah mendapatkan barang yang ia inginkan dan tidak harus membelinya. Karena islam telah mengajarkan umat manusia untuk bebuat baik dan tolong-menolong diantaranya dalam masalah pinjam meminjam barang.
          Akan tetapi ironisnya, banyak kita jumpai akhir-akhir ini, kalangan yang ingin memanfaatkan kesempatan ditengah-ditengah kesempitan orang lain. Mereka membantu dengan meminjami barang dengan motif untuk mendapatkan keberuntungan yang sebesar-besarnya. Dengan demikian tidak heran, seandainya banyak individu yang dirugikan dan merasa dizhalimi. Maka berangkat dari hal ini kami ingin mengupas dan membahas bagaimana islam memutuskan hal ini? 

B.  Ta'rif Al-Qhordu
     Al-qhordu menurut bahasa adalah potongan,[1] sedangkan menurut syar'i adalah menyerahkan uang kepada orang yang yang bisa memanfaatkannya kemudian ia meminta kembaliannya sebesar uang tersebut.[2]
          Sedangkan menurut Sayid Sabiq Pinjaman adalah harta yang diberikan kreditur kepada debitur (orang yang meminjam). Kemudian debitur mengembalikan pinjaman tersebut  setelah dirinya mampu untuk mengembalikannya.[3]
          Adapun menurut mazhab hanafi, pinjaman ialah harta yang dipinjamkan kepada orang lain, dengan maksud harta tersebut akan dikembalikan kembali, atau dengan ungkapan yang lebih tepat pimjaman ialah akad khusus yang disepakati oleh kedua pihak yaitu antara kreditur (orang yang meminjami) dan debitur (orang yang dipinjami) dalam masalah barang yang dipinjamkan, yang nantinya akan dikembalikan kembali.[4] 
          Contohnya, orang yang membutuhkan uang berkata kepada orang yang layak dimintai pinjaman "Pinjamkan untukku uang sebesar sekian, atau perabotan, atau hewan hingga waktu tertentu. Kemudian aku  kembalikan kepadamu pada waktunya. Orang dimintai pinjamanpun memberikan pinjaman uang kepada orang tersebut.

C.  Hukum Pinjaman dalam islam
          Al-qhordhu disunnahkan bagi pemberi pinjaman berdasarkan dalil berikut. Firman Allah , mengenai pahala orang yang memberikan pinjaman kepada orang lain.
من ذا الذي يقرض الله قرضا حسنا فيضاعفه له وله أجر كريم(11)
          "Siapakah yang mau meminjamkan kepada Allah  pinjaman yang baik, maka Allah  akan melipatgandakan (balasan) pinjaman itu untuknya dan dia akan memperoleh pahala yang banyak." (Q.S Al-Hadid: 11)




Rosulullah bersabda,

من نفس عن أخيه  كربة من كرب الدنيا نفس الله عنه كربة من كرب سوم القيامة
          " Barang siapa menghilangkan salah satu kesulitan dunia dari sauadaranya. Maka Allah  akan menghilangkan darinya salah satu kesulitan pada hari kiamat." (Diriwayatkan Imam Muslim)
          Adapun bagi muqtarid atau peminjam, maka diperbolehkan karena Rosulullah pernah meminjam onta kepada Abu Bakar  Radiyallahu 'anhu dan mengembalikan dengan onta yang lebih baik. Beliau bersabda,
إن من خير الناس أحسنهم قضاء
          "Sesngguhnya manusia yang baik adalah orang yang paling baik pengembaliannya (utangnya)."(Diriwayatkan oleh Bukhari).
          Dan Rosulullah r juga pernah besabda,
رأيت ليلة الأسرى بي على باب الجنة مكتوبا الصدقة بعشر أمثالها والقرض بثمانية عشر فقلت: يا جبريل مابال القرض أفضل من الصدقة ؟ قال لأن السائل يسأل وعنده والمستعرض لا يستعرض إلا من حاجة
        Ketika malam isra', saya melihat diatas pintu surga tulisan yang berbunyi, Sedekah itu semisal dengan sepuluh (kebaikan) dan pinjaman itu semisal dengan delapan belas (kebaikan). Maka saya berkata kepada jibril, "Wahai jibril, mengapa pahala orang yang meminjamkan sesuatu itu lebih besar dari orang yang bersedekah?" Jibril menjawab, "Karena orang yang meminta (sedekah) itu, meminta sesuatu sedangkan dirinya mempunyai sesuatu itu. Sedangkan orang yang berhutang tidaklah ia berhutang melainkan untuk keperluannya." (Diriwayatkan Ibnu Majah dan Al-baihaqi)
          Demikian pula al-qhordu diperbolehkan menurut ijma' kaum muslimin. Kaum muslimin telah sepakat tentang bolehnya al-qhordu dan hal itu disunnahkan bagi para kreditur dan hukumnya mubah bagi para debitur berdasarkan dengan dalil-dalil diatas. Dan Abu darda' pernah berkata mengenai hal ini,
لأن أقرض دينارين ثم يردا ثم أقرضهما أحب إلي من أن أتصدق بهما
        "Sungguh dua dinar yang aku pinjamkan (kepada orang lain) kemudian uang tersebut dikembalikan kepadaku, setelah itu aku meminjamkannya kembali,  itu lebih aku sukai dari pada aku menyedekahkannya."
Ibnu Mas'ud dan Ibnu Abbas berkata,
قرض مرتين خير من صدقة مرة
          "Meminjamkan sesuatu (kepada orang lain) sebanyak dua kali itu lebih baik dari pada sedekah yang dilakukan hanya sekali."
Sedangkan menurut mazhab Hambali,
          "Sedekah itu lebih utama dari pada meminjamkan sesuatu (kepada orang lain), maka dari itu tidak dosa bagi yang dipinjami sesuatu kemudian ia tidak memberikannya.

Diantara hukum pinjaman sebagai berikut:
1.     Pinjaman dimiliki dengan  diterima. Jadi jika debitur atau peminjam telah menerimanya, ia memelikinya dan menjadi tanggungannya.
2.    Pinjaman boleh sampai batas waktu tertentu. Tapi jika tidak sampai batas waktu tertentu itu lebih baik karena itu meringankan debitur.
3.    Jika barang yang dipinjamkan itu tetap utuh seperti ketika saat dipinjamkan, maka sikembalikan utuh seperti itu. Naun jika telah mengalami perubahan, kurang atau bertanbah, maka dikembalikan dengan barang lain sejenisnya. Jika ada dan jika tidak ada maka dengan uang seharga barang tersebut.
4.    Jika pengembalian pinjaman tidak membutuhkan biaya tramportasi. Maka boleh dibayar ditempat manapun yang diinginkan kreditur jika merepotkan, maka debitur tidaj harus mengembalikan ditempat lain.
5.    Kreditur haram hukumnya mengambil manfaat dari pinjaman dengan penambahan jumlah pinjaman atau meminta kembalian pinjaman lebih baik atau manfaat lain yang keluar dari akad perjanjian jika itu semua disyaratkan, atau berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Tapi jika penambahan pengembalian pinjaman itu bentuk itikad baik dari debitur, itu tidak ada salahnya, karena Rosulullah r  memberi  Abu Bakar unta yang lebih baik dari unta yang dipinjamnya dan beliau bersabda,    
إن من خير الناس أحسنهم قضاء
          "Sesungguhnya menusia yang baik adalah orang yang paling baik pengembaliannya (utangnya)."(Diriwayatkan oleh Bukhari).

D.  Syarat-syarat dalam meminjam barang
a.      Besarnya pijaman harus diketahui dengan takaran, timbangan dan jumlahnya.
b.      Sifar pinjaman dan usianya harus diketahui jika dalam bentuk hewan.
c.    Pinjaman berasal dari orang yang layak diminta pinjaman. Jadi pinjaman tidak syah dari orang yang tidak memeliki sesuatu yang bisa dipinjam atau orang yang tidak normal akalnya.[5]

E.  Akad dalam meminjam barang
      Akad yang dipakai dalam meminjam barang ialah akad tamlik ( kepemilikan), maka tidak sempurna akad tersebut melainkan dilakukan oleh orang yang mampu melakukannya. Dan akad ini  dianggap tidak syah, jika tidak ada pelaksanaan ijab dan qobul antara kreditur dan debitur.
           Dengan demikian hubungan pinjam meminjam ini mengharuskan adanya lafadz ijab dan qobul seperti akad yang dilakukan dalam jual beli dan pemberian. Sedangkan lafadz yang digunakan ialah lafadz meminjam atau setiap lafadz yang memiliki makna yang serupa dengannya.[6] Seperti, "Barang ini sekarang menjadi kepemilikanmu dan suatu saat kamu harus mengembalikannya kepadaku" [7]

F.  Hukum menentukan waktu pengembalian
          Jumhur fuqoha' berpendapat bahwa tidak diperbolehkan bagi kreditur menentukan waktu pengembalian barang yang ia pinjamankan. Sedangkan menurut imam Malik diperbolehkan menentukan waktu pengembaliannya dan  harus menetapi syarat yang sudah ada.[8]

G.  Mengambil manfaat dari barang pinjaman
      Sesungguhnya adanya pinjam-meminjam tersebut bermaksud untuk mendekatkan hubungan kesetiakawanan antara sesama muslim dan sebagai bentuk pertolongan kepada orang-orang yang memang membutuhkan pertolongan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah keberlangsungan hidup diantara sesama muslim, bukan sebagai sarana untuk mencari atau mengais rezeki apalagi dijadikan sarana untuk memperdayai orang lain.
          Dengan demikian tidak boleh bagi sang peminjam mengembalikan pinjamannya kepada debitur, melainkan ia harus mengembalikan barang yang ia pinjam sebelumnya atau mengembalikan dengan barang yang serupa dan tidak menambahnya. Karena ada sebuah  qoidah fikih yang berbunyi,
كل قرض جر نقعا فهو ربا
        "Setiap pinjaman yang yang difungsikan untuk mendatangkan manfaat, maka itu termasuk riba."
          Larangan disini bersifat muqayad, artinya setiap manfaat  yang  ada karena kesepakatan antara kedua belah pihak dan diketahui bersama. Tapi jika kreditur tidak mensyaratkan hal tersebut atau tidak memberitahukannya. Maka diperbolehkan bagi debitur untuk mengembalikan pinjaman tersebut dengan sesuatu yang lebih baik  atau melebihkannya. Dan bagi kreditur tidak mengapa menerima yang demikian itu dan hukumnya tidak makruh.
          Hal ini sebagaimana telah dilakukan rosulullah r kepada Jabir bin Abdullah yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Bukhari dan Muslim bahwa Jabir bin Abdullah pernah berkata,
كان لي على رسول الله حق فقضاني وزداني
          "(Ketika itu), Rosulullah r mempunyai hak yang harus dipenuhi terhadap diriku, kemudian beliau menunaikan hak tersebut dan memberikannya kepadaku dengan melebihkan (kembaliannya)." (Diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim dan Ahmad). [9]
          Dengan demikian pedoman yang dipakai dalam hal ini ialah setiap pinjaman yang didalamnya diberlakukan syarat, yaitu harus ada tambahan  ketika barang  dikembalikan, maka hukumnya haram. Ibnu mundzir pernah berkata, Para ulama telah sepakat, jika seorang yang kreditur membuat syarat kepada debitur, supaya menambah pengembalian barang yang ia pinjamkan, maka ini termasuk riba.[10] 
          Dan hal ini serupa dengan fatwanya Dr.Yusuf Qaradawi, ketika beliau ditanya tentang seseorang yang memberi pinjaman uang sebanyak seribu dirham kepada orang lain dan dalam jangka waktu tertentu orang yang berhutang mengembalikan utang itu sebesar seribu seratus atau seribu dua ratus dirham. Apakah perbuatan ini termasuk riba?
          Beliau menjawab, Tidak ada perbedaan antara emas, perak atau uang kertas. Dalam bermuamalah, uang kertas dalam hal ini menduduki posisi emas dan perak dalam muamalah, karena itu hukumnya haram bila dikelola secara riba. Saya tidak melihat adanya alasan untuk meragukan hal ini. Maka barang siapa mengambil bunga atas uang kertas atau memberi bunga, maka ia telah memasuki wilayah hukum riba yang diharamkan dan diancam akan diperangi oleh Allah  dan Rosulnya. Dan barang siapa yang bersekutu dalam akad riba ini dia terkutuk menurut lisan Nabi Muhamad r yang telah melaknat pemakan hasil riba, yang menulisnya dan yang menjadi saksi.[11]

H.   Ketentuan Barang yang boleh dipinjamkan
      Diperbolehkan meminjamkan pakaian dan hewan karena telah ada ketetepan dari Rosul r, yaitu beliau pernah meminjam onta yang masih muda. Demikian juga barang yang bisa ditakar dan ditimbang atau barang yang berbentuk barang perniagaan maka barang tersebut syah atau  boleh dipinjamkan kepada orang lain. Bahkan  diperbolehkan pula meminjamkan barang yang berbentuk roti adanon, hal sebagaimana telah dilakukan oleh Ummul mukminin A'isyah dirinya berkata,
قلت يارسول الله : إن الجيران يستعرضون الخبز والحمير ويردون الزيادة ونقصانا فقال لا بأس إنما ذلك من
مرافق الناس لا يراد به الفضل
        Saya berkata kepada Rosululloh r, Wahai Rosulullah, sesungguhnya tetangga (kita) meminjam roti dan roti yang sudah diadoni, kemudian mereka mengembalikannya dengan melebihkannya dan mengurangainya? Maka Rosulullah bersabda, "Tidak mengapa, karena yang demikian itu merupakan bentuk kebersamaan, bukan berharap sesuatu yang lebih dari (pinjaman tersebut}."[12]
          Sedangkan menurut mazhab Maliki, Syafi'i dan Hambali mereka berpendapat,
Setiap barang (harta) yang biasa dijual-belikan dengan cara "Penjualan salam", maka barang tersebut boleh dipinjamkan. Baik barang tersebut berupa barang yang bisa ditakar atau ditimbang atau barang yang tidak bisa ditimbang. Contoh dari kedua macam tersebut seperti, emas, perak, berbagai jenis makanan, barang-barang perniagaan atau hewan dan semisalnya. Karena Rosulullah r pernah meminjam onta yang masih berumur masih muda. Padahal onta tersebut tidak bisa ditakar maupun ditimbang.
          Karena ketetapan yang dipakai dalam hal ini ialah setiap barang yang biasa dijualkan belikan dengan penjualan salam yang memiliki sifat dan wujud yang jelas, maka barang tersebut boleh dipinjamkan. Sedangkan barang yang termasuk dalam katagori ini yang tidak boleh untuk dipinjamkan adalah barang yang berbentuk mutiara atau yang semisalnya. Maka barang ini tidak boleh dipinjamkan, karena suatu saat akan dikembalikan kembali.[13] Dan Abu Hurairah pernah berkata, Tidak boleh meminjamkan barang yang tidak bisa ditakar dan ditimbang, karena barang tersebut tidak ada yang serupa bentuknya, seperti mutiara.
          Sedangkan pinjaman yang berbentuk anak adam ataun manusia, mengenai hal ini Imam Ahmad pernah berkata, "Hukumnya makruh meminjamnya, dan larangan disini bersifat makruh tanzih." Sedangkan Al-Muzani dan Ibnu Juraij membolehkannya. Adapun Al-Qhodi memilih atau mengambil pendapat yang pertama, yaitu hukumnya makruh tanzih meminjam anak adam atau manusia.


Referensi :
1.     Al Munawir
2.    Minhajul Muslim
3.    Fiqh Sunnah
4.    Al Mughni
5.    Fatwa – Fatwa Yusuf Qhardawi
6.    Fiqh Islami
7.    Al Mughni



[1]. Al Munawir: 2/1191
[2]. Minhajul Muslim : 338-339
[3]. Fiqh Sunnah : 3/182
[4]. Fiqh Islami: 4/720
[5] . Minhajul Muslim: 338-339
[6].  Fiqh Sunnah : 3/182
[7].  Fiqh Islami: 4/721
[8].  Fiqh Sunnah : 3/182
[9].  Fiqh Sunnah : 3/182
[10]. Al Mughni : 6/438  
[11]. Fatwa – Fatwa Yusuf Qhardawi : 1/ 771-772
[12]. Fiqh Islami: 4/723
[13]. Al Mughni : 6/438  

31 komentar:

  1. Menawarkan pinjaman @ 2% (Serious Kirim Only). Dapatkan pinjaman pribadi atau bisnis Anda. Terapkan Sekarang untuk 48hours Persetujuan Kontak loanoffer612@gmail.com
      untuk info lebih lanjut.
    PEMINJAM INFORMASI
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    Durasi Pinjaman:
    Tujuan bantuan:
    Nama Anda:
    Umur Mu:
    Pekerjaan Anda:
    Seks Anda:
    Negara Anda:
    Status perkawinan Anda:
    telepon #:

    BalasHapus
  2. Ibu halo
    Aku Alexandra Williams . berlian pinjaman perusahaan asuransi kelompok , kami adalah perusahaan yang terdaftar , meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari bank karena nilai kredit yang rendah , pinjaman usaha , pinjaman pendidikan , kredit mobil , kredit rumah, perusahaan pinjaman dan banyak lagi, atau Anda ingin membayar utang atau biaya , atau sebelumnya Anda telah scammed oleh pemberi pinjaman uang palsu ? Selamat Anda sekarang berada di tempat yang tepat , kelompok perusahaan asuransi berlian pinjaman terpercaya, yang menyediakan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2 % , kami datang untuk mengakhiri semua masalah . kita menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan rahasia dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman . Jadi hubungi kami hari ini via email di: diamondinsurancegroupltd@gmail.com
    banyak cinta
    Mrs.Alexandra Williams .

    BalasHapus
  3. Halo, saya Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: (saintsloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  4. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, mobil
    Pinjaman, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal ventura, dll .. Atau apakah Anda pernah ditolak pinjaman oleh bank atau keuangan
    lembaga untuk satu atau lebih reasons.You berada di tempat untuk
    solusi pinjaman Anda. Saya seorang pemberi pinjaman pinjaman, saya memberikan pinjaman untuk
    perusahaan dan individu di tingkat suku bunga rendah dan terjangkau
    1,5%. Bunga. Silahkan hubungi kami melalui email {}flooresloaningcoperate@gmail.com.
    terima kasih,
    Mrs floores.

    BalasHapus
  5. Halo, saya Ibu Roseline, Seorang pemberi pinjaman pinjaman pribadi mengorbankan kesempatan masa depan. Apakah Anda membutuhkan pinjaman cepat untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Cari lebih karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima manfaat dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: roselinedanielloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  6. halo, saya yulianti sara saya tinggal di Indonesia, saya di sini untuk bersaksi tentang hal yang baik dari mrs james catherine bagaimana dia membantu saya dengan pinjaman saya tanpa ada strees dan problem.i menyarankan pemberi pinjaman kredit Anda untuk berhati-hati dari perusahaan pinjaman Anda meminta pinjaman karena saya telah penipuan sebelumnya. aku hampir kehilangan harapan tidak sampai aku mencapai teman yang memperkenalkan saya ke james mrs catherine yang meminjamkan tanpa jaminan Rp300,000,000 pinjaman (tiga ratus juta Rp) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa stres dengan bunga 2% .i sangat senang ketika saya diperiksa rincian rekening saya dan saya menemukan bahwa nomor saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan .karena saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa ada stress.so jika Anda membutuhkan pinjaman dari jumlah Silahkan hubungi dia melalui emailnya: catherinejamesloanltd@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya untuk informasi lebih lanjut: yuliantisara@gmail.com

    BalasHapus
  7. Hari baik Sir / Madam,

    Butuh Pinjaman Mendesak?
    * Sangat cepat dan langsung transfer ke rekening bank Anda.
    * Pembayaran dimulai ENAM bulan setelah Anda mendapatkan uang dalam Anda
    akun bank
    * Tingkat bunga rendah dari 2%
    * Pembayaran jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Persyaratan pinjaman Fleksibel dan pembayaran bulanan

    *. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membiayai? Setelah mengirimkan aplikasi pinjaman Anda dapat mengharapkan jawaban awal dalam waktu kurang dari 24 jam dan Pendanaan 72-96 jam setelah menyelesaikan informasi yang mereka butuhkan dari Anda.

    Meminjam dari (5,000.00 USD) ke (100.000.000,00 USD) untuk tingkat bunga 1,2%.

    Untuk informasi dan aplikasi pinjaman lebih Bentuk dan usaha bersama, hubungi kami melalui Email: (capitalloanfinancier@gmail.com)

    * Tujuan kami adalah kebutuhan keuangan Anda bertemu!

    Dr Ahmed Ibrahim
    Direktur
    MODAL PINJAMAN pemodal

    BalasHapus
  8. Jika Anda Butuh Mendesak Pinjaman Buku Tamu?

    * Sangat cepat dan langsung transfer ke rekening bank Anda
    * Pembayaran dimulai delapan bulan setelah Anda mendapatkan uang
    akun bank
    * Tingkat bunga rendah dari 2%
    * Pembayaran jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Persyaratan pinjaman Fleksibel dan pembayaran bulanan
    *. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membiayai? Setelah mengirimkan aplikasi pinjaman
    Anda dapat mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
    pendanaan di 72-96 jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
    darimu.

    Hubungi sah dan kepercayaan perusahaan berlisensi resmi
    bahwa bantuan keuangan kepada negara-negara lain.
    Untuk informasi dan pinjaman lebih aplikasi membentuk usaha bersama, melalui

    email: cashfirm.morris@gmail.com

    SIR MORRIS AHMED
    Direktur
    CASHFIRM PINJAMAN PERUSAHAAN

    BalasHapus
  9. Halo Setiap Satu, nama saya Gary Springer manusia dari
    Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi bangsa bersatu,
    dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman,
    Aku segera ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia
    yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak
    jatuh di tangan scammers dan penipu, ada banyak
    pemberi pinjaman palsu kredit di sini di internet dan beberapa
    dari mereka adalah asli dan nyata, saya ingin memberikan kesaksian
    bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman asli nyata yang berubah
    hidup saya dari rumput untuk rahmat setelah saya telah tertipu oleh beberapa
    pemberi pinjaman kredit di sini di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar
    biaya pendaftaran, asuransi, pajak, dan setelah pembayaran
    Aku masih tidak mendapatkan pinjaman saya. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan
    pinjaman di internet dan jumlah scammed kali
    uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka bahwa saya
    menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online asli
    pemberi pinjaman kredit tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk
    hubungi teman saya baru-baru ini mendapat pinjaman online, kita bahas
    kesimpulan kami tentang masalah dan dia mengatakan kepada saya tentang
    Dipercaya perusahaan pinjaman di mana ia mendapat pinjamannya. Jadi saya diterapkan untuk
    jumlah pinjaman (Rp400,000,000)
    dengan tingkat bunga rendah 1,5%, tidak merawat usia saya,
    karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun
    bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan
    semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari
    24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan
    ke bank dan impian saya datang melalui. Jadi saya ingin
    nasihat orang-orang yang membutuhkan pinjaman cepat asli menghubungi mereka
    melalui: trustedloanfirm1122@gmail.com .Saya berdoa bahwa Tuhan akan memberkati
    mereka untuk hal-hal baik yang mereka lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa
    hubungi saya via garyspringer4@gmail.com indah
    hari info lebih lanjut.

    BalasHapus
  10. Saya Teddy Lisa sebuah dealer mobil, umat Muslim. Apakah Anda berkecil hati atau kecewa? Apakah Anda menyesal pernah memulai bisnis? Apakah Anda mengalami kesulitan? Atau Anda baru saja melalui kegagalan bisnis? Apakah Anda ingin menghentikan proses kewirausahaan? Apakah Anda ingin berhenti bisnis Anda dan kembali ke sekolah untuk mendapatkan gelar? i adalah korban dari semua tantangan ini Jika salah satu dari situasi di atas berlaku untuk Anda, maka saya punya beberapa saran untuk Anda, Membangun bisnis jelas bukan tugas yang mudah; itu adalah proses yang kebanyakan orang takut karena tantangan yang terlibat dan itulah mengapa banyak orang lebih memilih untuk menjaga karyawan. Jadi untuk mengambil langkah berani dalam memulai bisnis Anda sendiri; Kau benar-benar terbukti nyali Anda. Membangun bisnis yang sukses dari awal hanya tentang surmounting tantangan; tidak lebih, tidak less.No pengusaha sukses memiliki perjalanan yang mulus ke atas dan tidak akan pernah. Tantangan, kekecewaan dan kegagalan akan selalu ada; melainkan bagaimana Anda menangani mereka yang menentukan apakah Anda akan berhasil atau tidak banyak dari mereka yang mengatakan mereka lender semua palsu, saya adalah korban dari scammers internet selama 9 bulan. maka saya berpikir bahwa hidup saya sudah berakhir dan bisnis turun jadi saya mengunjungi pengumuman situs pinjaman satu hari, dan saya datang di nyonya rumah besar, Aasimah Aadila, iklan kredit dan saya mengambil iman dan mengajukan permohonan pinjaman dari Rp500,000,000,000.00 setelah mengisi formulir dan semua proses itu dilakukan, saya diminta untuk membayar biaya biaya transfer dan saya juga mengambil iman dan membayar biaya, sayang terbesar saya terkejut saya. Dia memberi saya pinjaman Rp500,000,000,000.00 dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 1% dan juga tanpa agunan, Penjamin dan tidak ada biaya pendaftaran untuk saya sangat mengejutkan dari pinjaman saya disetujui siap, dalam waktu kurang than5 jam aku punya uang di rekening saya tanpa masalah apapun. Alasan mengapa saya membuat kesaksian ini sampai hari ini dia, karena dia mengubah semua kesedihan saya untuk sukacita dan tawa. Saya sesama Indonesia, dia adalah Allah yang dikirim untuk membantu saya untuk kesaksian hari ini bahwa Anda menghubungi kakak saya dan adik saya dan Anda akan puas dengan kehidupan lagi dan semua hidup saya, saya akan sangat greatfull untuk Aasimah Aadila PINJAMAN PERUSAHAAN. Hubungi Mrs. Aasimah Aadila dirinya Email (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) ,,,, dan mendapatkan pinjaman hari ini. Anda juga dapat menghubungi saya di (teddylisa2020@gmail.com) teman saya (omogbudeabundace@gmail.com), dia adalah orang yang meyakinkan saya untuk membayar biaya saya ketika saya takut bahwa ia mungkin menjadi salah satu penipu internet tapi sayang antara semua pemberi pinjaman kredit masih seseorang yang peduli apa-apa tidak pergi ke pemberi pinjaman online, mencari geniue Badan pinjaman mungkin Allah membantu kita semua lagi alamatnya (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  11. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya zalinah aruf, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Safrijal atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

    BalasHapus
  12. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus

  13. Apakah Anda mencari pinjaman? Anda membutuhkan Kredit Usaha, Kredit Tanpa Agunan, Kredit Perumahan, Atau yang Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! perusahaan pinjaman Elina Johnson kita terbatas dalam memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui Alexanderrobertloan@gmail.com

    Kami memberikan pinjaman mulai dari Jumlah minimum 5.000 untuk 500.000.000,00 pada mata uang berikut: Inggris Dolar Negara, Eropa dan Great British Pounds (GBP).

    DATA PEMOHON:

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat: a
    4) Negara:
    5) Sex:
    6) Status Pernikahan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) posisi Saat ini di tempat kerja:
    10) Pendapatan Bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan Pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum;
    16) Tanggal lahir;
    Terima kasih,
    MR ALEXANDER ROBERT

    BalasHapus
  14. APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN KREDIT JIKA YA DAFTAR SEKARANG.
    LUIS CARLOS FINANCE Perusahaan terbatas pada modal saham. Kami menawarkan pinjaman dan jasa keuangan dari semua jenis. pinjaman kami bervariasi dari bisnis ke pinjaman pribadi atau kondisi jangka panjang atau pendek dengan suku bunga yang menguntungkan (2%). proses kredit kami sangat cepat dan handal dengan jaminan. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan kami, kunjungi kami di email kami ( luiscarlosfinance@outlook.com ) beritahukan kami tahu jumlah pinjaman yang Anda butuhkan dan inginkan durasi pinjaman. Kami berharap untuk mendengar dari Anda. Anda dapat mengirim pesan ke alamat email di bawah ini. luiscarlosfinance@outlook.com

    CATATAN: semua email harus maju ke: luiscarlosfinance@outlook.com

    BalasHapus
  15. Dear Sir / Madam, "SECEPAT MUNGKIN PINJAMAN DI 2days. Taylor wilson Micro Dana keuangan Plc Commercial dan Personal,", "pinjaman Depan X-mas Loan sebesar 2% bunga rate.Interested Orang harus menghubungi Loan Officer via E-mail dengan di bawah informasi ini: "NAMA: TERAKHIR NAMA .....: ...... COUNTRY: ....... PHONE: KERJA .....: ...... AGE: ... .......... SEX: ...... Marital Status: ...... LOAN JUMLAH DIPERLUKAN: BULANAN PENGHASILAN ...... ...... PINJAMAN JANGKA WAKTU: .. .... nama Petugas: Penawaran Kredit Investasi Email: Taylorwilsonloancompany@gmail.com, Terima kasih dan Tuhan memberkati, Salam

    BalasHapus
  16. Dear Sir / Madam, "PINJAMAN SECEPAT MUNGKIN DALAM 2days. Taylor wilson Micro Dana keuangan Plc Komersial dan Pribadi", X-mas Loan, "Rumah Pinjaman sebesar 2% bunga rate.Interested Orang harus menghubungi Loan Officer via E-mail dengan di bawah ini informasi: ", NAMA: ..... TERAKHIR NAMA: ...... NEGARA: ....... NOMOR TELEPON: ..... PEKERJAAN: ...... AGE: ............. SEX: ...... Perkawinan STATUS: ...... LOAN JUMLAH DIPERLUKAN: ...... BULANAN PENGHASILAN ...... PINJAMAN JANGKA WAKTU : ...... Petugas Nama: Pinjaman Penawaran Investasi Email: Taylorwilsonloancompany@gmail.com, Terima kasih Dan Tuhan memberkati, Salam

    Taylor wilson

    BalasHapus
  17. Kemuliaan bagi Allah,
    Cahya Kirana Badan Kredit sini lagi dengan tawaran promo besar, apa yang Anda tunggu, hubungi kami hari ini di email kami cahya.creditfirm@gmail.com dan menjadi bagian dari pelanggan kami yang akan mendapatkan keuntungan dari promo besar ini, karena kita akan untuk memuaskan Anda dengan yang terbaik di hati kita, dan itulah sebabnya kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga rendah dari 2% sehingga membuat itu untuk kepuasan Anda setiap saat, selama bertahun-tahun sekarang kami telah mampu untuk membantu dan menyimpan banyak orang hidup di seluruh dunia dengan pinjaman memuaskan kami, dan kami masih bersedia dan siap untuk melakukan lebih dan lebih, tidak ada mater rencana penipuan internet. Hubungi kami hari ini di cahya.creditfirm@gmail.com email kami karena kami akan memuaskan Anda dengan memenuhi pinjaman kami dan terbaik dalam diri kita. Allah Help Us Semua (Amin).

    BalasHapus
  18. Hello semua orang yang melihat ini di seluruh dunia, ada banyak scammers di situs ini, aku punya kabar baik untuk berbagi. silahkan bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia dan berterima kasih kepada perusahaan pinjaman. Aku baru saja pinjaman dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN sah. Ini adalah bagaimana saya mendapat kontak mereka. Aku melihat kesaksian Mrs Nuliana Novi Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari mereka dan dia memberi mereka sebuah email kepada semua orang "elinajohnson22@gmail.com" jadi saya segera email mereka dan mereka menanggapi email saya, Jujur, pada awalnya saya begitu banyak takut karena saya telah kehilangan uang saya begitu bodoh sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelah, pinjaman dari RP 700.000.000, saya diterapkan untuk benar-benar ditransfer ke rekening saya. Seluruh proses itu sederhana. dan pinjaman mendesak pada tingkat 2% aku cepat Tidak ada biaya. Tidak ada penjamin yang dibutuhkan dari saya. sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa hal itu benar. Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hati saya penuh dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk semua orang yang mencari dorongan yang tulus untuk mendapatkan jumlah pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai proyek adalah untuk mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya terkejut. Saya ingin terutama terima Nuliana novi untuk memberikan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, silahkan menyebarkan berita baik sehingga orang lain juga dapat manfaat. terima kasih, email mereka lagi ^elinajohnson22@gmail.com
    ^, Nama saya Wahyuni ​​Elvin Hubungi saya, di sini adalah email saya wahyunielvin@gmail.com
     Catatan: semua scammers meminta biaya pendaftaran, hati-hati, semuanya adalah scam. mungkin Tuhan memberkati Anda semua
    Terima kasih

    BalasHapus
  19. Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIPS
    Anda memiliki pinjaman mendesak?
    Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman?
    Membeli rumah atau mobil?
    Untuk membayar utang?
    "Kredit Investasi" penawaran
    Anda memiliki kesulitan keuangan?
    Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?
    Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
    Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera
    Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya perlu pinjaman mendesak.

    Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com

    Terima kasih telah memilih kami.

    BalasHapus
  20. Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita? Apakah Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang atau membayar tagihan Anda atau memulai bisnis yang baik, Membeli rumah atau mobil? "Kredit Investasi" penawaran? Kami menyediakan pinjaman konsolidasi utang, pinjaman bisnis, pinjaman refinancing rumah, kredit mobil, pinjaman pribadi, dan pinjaman perusahaan dengan bunga 2% per tahun. Apakah Anda dalam kekacauan finansial atau anda telah ditolak oleh bank dan ditipu? Kami menawarkan jenis berikut pinjaman dan banyak lagi ada biaya dimuka; € 2.000,00 Minimum hingga maksimal € 9.000.000 Pembayaran Term (1-30 tahun) untuk pembayaran, dengan fasilitas standar World Class dan memastikan bahwa dana yang masuk ke rekening bank Anda dalam 48 jam ke depan, kami menawarkan berikut. pinjaman kami baik diasuransikan untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami. jika berminat, silakan Balas kepada kami melalui email di aaminahrahmanloancompany@gmail.com, BBpin = 58BDF056

    BalasHapus
  21. Kami siap membantu orang yang membutuhkan pinjaman pada tingkat bunga rendah.

    Aku Karen Mark, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui perusahaan pinjaman oleh kerajaan Inggris untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank. Tidak memerlukan banyak dokumen. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: karenmarkfinancialloancompany@gmail.com
    Kami akan memberikan kami yang terbaik.

    BalasHapus
  22. Halo,
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda?
    anda telah ditolak oleh
    bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda perlu Bank Garansi?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
    mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu
    membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
    untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan bahwa kami membuat handal dan penerima bantuan dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email: zenithloanlimited@gmail.com

    BalasHapus
  23. Halo,
    Saya Nurliana Novi saya ingin berbagi karya Allah yang baik dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi buruk di beberapa negara.
     Saat ini saya tinggal di jakarta di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan pada bulan Juli 2016 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya
    Saya adalah korban dari penipuan pemberi pinjaman 4-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan bahwa teman-teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN reliabl.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan internet di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman saya dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN Rp500.000.000 sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda, silakan hubungi ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN. menghubungi mereka melalui email:. (Elinajohnson22@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurliananovi96@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  24. Apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi? Apakah perusahaan Anda, perusahaan atau industri memerlukan bantuan keuangan? Apakah Anda perlu pembiayaan untuk memulai bisnis Anda? Apakah Anda perlu pembiayaan untuk memperluas bisnis Anda? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang tertarik yang mencari pinjaman dengan itikad baik. Apakah Anda serius membutuhkan kontak pinjaman mendesak kami di Email: exxonmobil191@outlook.com

    RINCIAN PINJAMAN APLIKASI
    1) Nama Lengkap: ............
    2) Sex: .................
    3) Umur: ........................
    4) Negara: .................
    5) Nomor Telepon: ........
    6) Pekerjaan: ..............
    7) Pendapatan Bulanan: ......
    8) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .....
    9) Durasi Pinjaman: ...............
    10) Tujuan Pinjaman: ...........

    Anda mengirimkan ini ke perusahaan kami Alamat Email: exxonmobil191@outlook.com

    Terima kasih.

    BalasHapus
  25. Ingatlah untuk mendapatkan pinjaman? Mereka sangat membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda dalam utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, kami menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman usaha dan kredit korporasi dan segala jenis pinjaman dengan tingkat bunga 2% untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui email (andmoris38@gmail.com)

    BalasHapus
  26. Halo semua, saya Halima Jamiu
    Anda memiliki pinjaman mendesak?
    Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman?
    Membeli rumah atau mobil?
    Untuk membayar utang?
    "Investasi Kredit" penawaran
    Anda memiliki kesulitan keuangan?
    Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?
    Kami menawarkan menekankan pinjaman gratis, fleksibel dan mudah pada tingkat bunga dari 5%.
    kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
    Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera
    Dalam 24 jam.

    Kontak Email: Halimajamiuloancompany@gmail.com

    Terima kasih telah memilih kami.

    BalasHapus
  27. Kami adalah organisasi yang dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan
    bantuan, seperti bantuan keuangan. Jadi, jika Anda akan melalui keuangan
    masalah jika Anda memiliki berantakan keuangan dan Anda perlu dana untuk
    memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar
    tagihan, memulai bisnis yang bagus, atau Anda merasa sulit
    mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini melalui email
    jessicawilliamsloanfirm@gmail.com

    PEMINJAM INFORMASI

    Nama lengkap: __________________________________________
    Negara: _____________________________________________
    Alamat rumah: _______________________________________
    Tanggal lahir: _________________________________________
    Sex: _________________________________________________
    Pekerjaan: ___________________________________________
    Pendapatan bulanan: _______________________________________
    Status pernikahan: ________________________________________
    Sebuah Nomor telepon yang valid: __________________________________
    Jumlah Dibutuhkan: ______________________________________
    Lamanya_______________________________________________

    Salam
    Jessica Williams

    BalasHapus
  28. Apakah Anda perlu 100% Loan? Saya dapat melayani kebutuhan keuangan Anda dengan lebih sedikit masalah pengembalian itu sebabnya kami mendanai Anda untuk hanya 2%. apapun Anda situasi, wiraswasta, pensiunan, memiliki peringkat kredit yang buruk, kami dapat membantu. pembayaran yang fleksibel lebih 3 sampai 20 years.Contact kami di: mariaphilliploancompany@gmail.com

    1 Nama Lengkap: ............................
    2 Kontak Alamat: .......................
    3 Jumlah Pinjaman: ....................
    4. Durasi Pinjaman ...................
    5. Nomor Telepon Langsung: .................

    Salam,
    Ibu Maria

    BalasHapus
  29. Apakah Anda perlu 100% Loan? Saya dapat melayani kebutuhan keuangan Anda dengan lebih sedikit masalah pengembalian itu sebabnya kami mendanai Anda untuk hanya 2%. apapun Anda situasi, wiraswasta, pensiunan, memiliki peringkat kredit yang buruk, kami dapat membantu. pembayaran yang fleksibel lebih 3 sampai 20 years.Contact kami di: mariaphilliploancompany@gmail.com

    1 Nama Lengkap: ............................
    2 Kontak Alamat: .......................
    3 Jumlah Pinjaman: ....................
    4. Durasi Pinjaman ...................
    5. Nomor Telepon Langsung: .................

    Salam,
    Ibu Maria

    BalasHapus
  30. Halo, saya Mrs Rosemary, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Kami memberikan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan bahwa kami membuat handal dan penerima bantuan dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman.

    Jadi hubungi kami hari ini via email di: equaloan@gmail.com, rosemarymariaqualityloanservice@yahoo.com atau Anda dapat mengunjungi website kami melalui: http://equaloans.com untuk informasi lebih lanjut tentang kami.

    BalasHapus
  31. AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus