Copyright © ISLAMIND
Design by Dzignine
Sabtu, 17 Desember 2011

ISHLAHUL QULUB (PERBAIKAN JIWA)



ISHLAHUL QULUB
(PERBAIKAN JIWA)


5 Pondasi Ishlahul Qulub

1. Qalbu adalah salah tempat pandangan Allah `Azza wa Jalla.
عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم : »إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى لاَ يَنْظُرُ إلى صُوَرِكُمْ وَأَمْوَالِكُمْ وَلَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوبِكُمْ وَأَعْمَالِكُمْ « رواه مسلم (16/121 ) قال شيخ الإسلام رحمه الله في"الاستقامة"(1/425) : "ومعلومٌ أنّه لمْ ينف نظر الإدْراك ، ولكن نظر المحبة".
Abu Hurairah Rda berkata : Rasulullah Saw bersabda :
“Sesungguhnya Allah Ta`ala tidak memandang rupa-rupa dan harta kalian, akan tetapi Dia memandang qalbu dan amal kalian”. (Hr. Muslim : 16/121. syeikhul Islam rahimahullah dalam “Al Istiqomah” : 1/425 berkata : Sudah diketahui bahwa hal itu bukan berarti pandangan umum, akan tetapi yang dimaksud adalah pandangan kecintaan).
 o

2. Qalbu adalah Raja yang dita`ati dan Pemimpin yang diikuti.
عن النعمان بن بشير رضي الله عنه قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « ... ألا وإِنَّ في الجَسَدِ مُضْغَةً إذا صَلَحَتْ صَلَحَ الجَسدُ كلُّه ، وإذا فَسَدَتْ فَسَدَ الجسَدُ كله، أَلا وهِيَ الْقَلْبُ » قطعة من حديث أخرجه البخاري ( 1 / 153 ) ومسلم ( 5 / 50 ) .
Dari Nu`man bin Basyir Rda bahwa Rasulullah Saw bersabda :
“...Ketahuilah ! Sesungguhnya di dalam tubuh terdapat segumpal daging. Jika, dia baik maka baiklah tubuh seluruhnya dan jika, dia rusak maka rusaklah tubuh seluruhnya. Ketahuilah ! Itulah qalbu”. (Bagian hadits yang diriwayatkan oleh Al Bukhari : 1/153 dan Muslim : 5 / 50)

3. Qalbu Sering Berbolak-balik
عن المقداد بن الأسود رضي الله عنه قال : لا أقول في رجل خيراً ولاشراً،حتى أنظر ما يختم له ـ يعني ـ بعد شيء سمعته من النبي صلى الله عليه وسلم ، فقيل : وما سمعت ؟ قال : سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: » لقَلب ابنِ آدمَ أشدُّ انقلاباً من القِدْرِ إذا اجْتَمَعَتْ غَلَياناً « أخرجه أحمد(4/4) وصححه الألباني في" الصحيحة"(1772).
Dari Al Miqdad bin Al Aswad Rda berkata : Aku tidak mengatakan tentang seseorang itu baik atau buruk, hingga aku melihat akhir hidupnya – yaitu – setelah ada sesuatu yang aku dengar dari Nabi Saw. Beliau ditanya : Apa yang engkau telah dengar ? Aku mendengar Rasulullah Saw bersabda : “Sesungghnya Qalbu anak Adam lebih cepak berbalik daripada teko jika airnya mendidih”. (Hr. Ahmad : 4/4 dan dishahihkan oleh Al Albani dalam Ash Shahihah : 1772)

4. Qalbu tempat perhelatan fitnah
عن حذيفة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : »تُعْرَضُ الْفِتَنُ عَلَى الْقُلُوبِ كَعرض الْحَصِيرِ عُوداً عُوداً ، فَأَيُّ قَلْبٍ أُشْرِبَهَا نُكِتَت فِيهِ نُكْتَةٌ سَوْدَاءُ ، وَأَيُّ قَلْبٍ أَنْكَرَهَا نُكِتَت فِيهِ نُكْتَةٌ بَيْضَاءُ ، حَتَّى تَعُودَ القُلُوبُ عَلَى قَلْبَيْنِ: قلبٍ أَسْوَدَ مُرْبَادّاً كَالْكُوزِ مُجَخِّياً لاَ يَعْرِفُ مَعْرُوفاً وَلاَ يُنْكِرُ مُنْكَراً ؛ إِلاَّ مَا أُشْرِبَ مِنْ هَوَاهُ ، وَقَلبٍ أَبْيَضْ ، فَلاَ تَضُرُّهُ فِتْنَةٌ مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالأَرْضُ« رواه مسلم ( 144 ) .
Huzaifah Rda berkata : Rasulullah Saw bersabda :
“Fitnah mendatangi qalbu seperti rajutan tikar, selembar-selembar. Qalbu mana saja yang menelannya, niscaya akan menumbuhkan satu titik hitam. Dan mana saja qalbu yang menolaknya, niscaya akan menumbuhkan satu titik putih, sehingga qalbu kembali ke dua jenis : qalbu hitam pekat seperti kendi terbalik yang tidak mengenal yang ma`ruf dan tidak mengingkari yang munkar kecuali apa yang diserap hawa nafsunya. Serta Qalbu putih yang tidak terbahayakan fitnah selama ada langit dan bumi”. (Hr. Muslim : 144)

5. Bertingkatnya keutamaan amal tergantung tingkat yang ada dalam qalbu.
(Qs. 67 : 2)

Tanda – tanda Qalbun Salim (Qs. 26 : 88-89)

1.    Bergerak dari dunia hingga menuju akhirat.
كُنْ في الدُّنْيا كأَنَّكَ غريبٌ أَو عابرُ سبيلٍ ، وعُدَّ نفسَكَ مِن أهلِ القُبورِ  صحيح سنن الترمذي ( 1902 ) .
Rasulullah Saw bersabda kepada Abdullah bin Umar :
“Jadilah di dunia seakan-akan engkau orang asing atau pengembara dan persiapkan dirimu untuk menjadi ahli kubur”. (Shahih Sunan At Tirmidzi : 1902)
2.  Kembali dan Sadar diri kepada Allah. (Qs. 3 : 135)
3.  Tidak lelah berdzikir (mengingat Rabnya), tidak putus asa berkhidmat dan tidak mengharapkan selainNya. (Qs. 13 : 27 – 28)
4.    Jika, kebiasaan baiknya tertinggal terasa gelisah jiwanya.
5.    Rindu menta`ati Rabbnya.
6.    Jika, masuk ke dalam shalat, hilanglah gundah gulana dan kesibukan dunianya.
7.  Tekadnya hanya satu, ta`at kepada Allah, mencari ridhaNya, kema`afanNya dan maghfirahNya. (Qs. 20 : 84)
8.  Dia tidak akan menyia-niyakan waktu. (Qs. 24 : 37-38)
9.    Tekadnya memperbaiki amal lebih besar dari pada amalnya sendiri.
10.  Tidak mencintai apa yang dibenci Allah.
عنْ عبد الله بن عمرو رضي الله عنهما قال : قيل : لرسول الله صلى الله عليه وسلم أيّ النّاس أفْضلُ؟ قال: »كلُّ مخْمومِ القلب ، صدوقِ اللسانِ«.قالوا: صدوق اللسان نعرفه ، فما مخمومُ القلب ؟ قال : » هو التّقيّ النّقيّ لا إثْم فيه ، ولا بغي ولا غلّ ولا حسدْ« رواه ابن ماجه (4216) بسند صحيح .

Abdullah bin `Amr rda berkata : Rasulullah Saw ditanya : “Manusia manakah yang lebih utama ?” Beliau menjawab : “Qalbu yang bersih dan lisan yang jujur”. Mereka bertanya : Lisan yang jujur sudah kami ketahui akan tetapi, apakah mahmum al qalbu (qalbu yang bersih) ? Beliau menjawab : “yang bertakwa dan suci tanpa dosa, tidak dzalim, tidak iri dan hasad”. (Hr. Ibnu Majah : 4216 dengan isnad yang shahih).
11.            Ittiba dengan petunjuk Rasulullah Saw. (Qs. 3 : 31)
12.            Bergetar saat disebut Ar Rahman. (Qs. 22 : 34-35) (Qs. 23 : 60)

Pengobatan Qalbu

1.  Membaca Al Qur`an Al Karim dengan tadabbur. (Qs. 10 : 57)
2.  Dzikrullah. ((Qs. 13 : 27 – 28)
3.    Ilmu yang bermanfa`at.
4.    Muhasabah (menghitung-hitung) Jiwa.
5.    Makan yang halal dan meninggalkan yang shubhat.

0 komentar:

Posting Komentar