Copyright © ISLAMIND
Design by Dzignine
Selasa, 13 Desember 2011

SIAPAKAH MEREKA YANG DIBERI ALLAH HIDAYAH ?

SIAPAKAH MEREKA YANG DIBERI ALLAH HIDAYAH ?

Mereka yang Allah beri petunjuk kepada meraka adalah mereka yang memiliki karakter berukut ini
·               Orang muslim yang menyerahkan diri meraka kepada Allah. Allah berfirman:
"Kemudian jika mereka mendebat kamu (tentang kebenaran islam ini), maka katakanlah " aku menyerahkan diriku kepada Allah dan dimikian pula dengan orang orang yang mengikutiku". Dan katakanlah kepada orang-orang yang diberi Al Kitab dan kepada orang-orang yang ummi, " apakah kamu (mau) masuk islam ?" jika meraka masuk islam, sesungguhnya mereka telah mendapat petunjuk, dan jika mereka berpaling, maka kewajiban kamu hanyalah sekedar menyampaikan (ayat-ayat Allah). Dan Allah maha melihat akan hamba-hamba-Nya."  (Qs. Ali Imran:20)
·               Orang yang beriman dan beramal shalih. Allah berfirman :
"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih, mereka diberi petunjuk oleh Rabb mereka karena keimanannya, di bawah mereka mengalir sungai-sungai di dalam surga yang penuh kenikmatan. " (Qs. Yunus: 9).
"Maka jika mereka beriman kepada apa yang telah kamu beriman kepadanya, sungguh mereka telah mendapat petunjuk, dan jika mereka berpaling, sesungguhnya mereka berada dalam permusuhan (dengan kamu). Maka Allah akan memilihara kamu dari mereka. Dan Dialah yang maha mendengar lagi maha mengetahui." (Qs. Al Baqarah: 137).
·               Orang orang yang berjihad di jalan Allah. Allah berfirman :
"Dan orang-orang yan berjihad untuk mencari keridhaan kami, benar-benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang orang yang berbuat baik." (Qs. Al Ankabut: 69).
·               Orang-orang beriman yang taat dan mengikuti Rasulullah. Allah berfirman:
"Katakanlah" taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul, dan jika kamu berpaling maka sesungguhnya kewajiban Rasul itu adalah apa yang dibebankan kepadanya, dan kewajiban kamu sekalian adalah semata mata apa yang dibebankan kepadamu. Dan jika kamu taat kepadanya, niscaya kamu mendapat petunjuk. Dan tidak lain kewajiban Rasul itu adalah menyampaikan amanat Allah dengan terang." (Qs. An-Nuur: 54).
·               Orang-orang yang telah mendapat petunjuk dan diberi tambahan lagi oleh Allah petunjuk itu, Allah berfirman:
"Dan Allah akan menambah petunjuk kepada mereka yang telah mendapat petunjuk. Dan amal-amal shalih yang kekal itu lebih baik pahalanya disisi Rabbmu dan lebih baik kesudahannya." (Qs. Maryam: 76).
"Dan orang-orang yang mendapat petunjuk Allah menambah petunjuk kepada mereka dan memberikan kepada mereka balasan ketaqwaan." (Qs. Muhammad : 17)
·               Orang-orang yang takut kepada Allah. Allah berfirman,
"Dan dari mana sajakamu keluar, maka palingkanlah wajahmu ke arah masjidil haram. Dan dimana saja kamu sekalian berada, maka palingkanlah wajahmu ke arahnya, agar tidak ada hujjah bagi manusia atasmu, kecuali orang-orang yang dhalim di antara mereka. Maka janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Dan agar kesempurnaan nikmat-Ku atasmu, dan supaya kamu mendapat petunjuk." (Qs. Al Baqarah : 150).
·               Orang-orang yang tidak mengikuti hawanafsu mereka. Allah befirman,
"maka jika mereka tidak menjawab (tanganmu), katahuilah bahwa sesungguhnya mereka hanyalah mengikuti hawanafsu mereka (belaka). Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang mengikuti hawanafsunya dengan tidak mendapat petunjuk dari Allah sedikitpun. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang dhalim." (Qs. Al Qashas: 50).
·              Orang-orang yang bersabar. Allah berfirman,
"Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat,kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepadakerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yangmemerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan(memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat;dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, danorang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalampeperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa." (Al-Baqarah: 77).

·               Orang-orang yang bertaqwa kepada Allah. Allah berfirman ,



0 komentar:

Posting Komentar