Copyright © ISLAMIND
Design by Dzignine
Selasa, 13 Desember 2011

Ikrimah Maula bin Abas.



Ia lahir pada tahun 25 Hijrah dan wafat pada tahun 105 Hijrah. Imam Syafi'i pernah mengatakan tentang dia: "Tidak ada seorangpun yang lebih pintar perihal Kitabullah daripada Ikrimah", ia adalah maula (hamba) Ibnu Abbas r.a. ia menerima ilmunya langsung dari Ibnu Abbas, begitu juga Al-Qur'an dan Sunnah", ia mengatakan: "Aku telah menafsirkan isi lembaran-lembaran mushhaf dan segala sesuatu yang aku bicarakan tentang Al-Qur'an, semuanya dari Ibnu Abbas".
Tentang otobiografinya dalam kitab Al-I'lam disebutkan sebagai berikut: "Ikrimah bin Abdullah Al-Barbary Al-Madany, Abu Abdillah seorang hamba Abdul1ah bin Abbas, adalah Tabi'in yang paling pandai tentang tafsir dan kisah-kisah peperangan, ia sering merantau ke negara-negara luar. Diantara tiga ratus orang yang meriwayatkan tafsir daripadanya tujuh puluh lebih adalah golongan tabi'in. Ia pernah juga ke Maghrib untuk mengambil ilmu dari penduduknya kemudian ia kembali ke Madinah Al-Munawwarah. Setelab ia kembali di Madinah ia dicari Amirnya, tetapi ia menghilang sampai mati.
Beliau adalah termasuk kibarut tabiin ahlu tafsir sekaligus ulama arrabani sebagaimana yang telah disebutkan qatadah : ada empat orang yang paling pandai Atha', S'id bin zubeir ikrimah dan al hasan.beliau banyak mengadakan perjalanan untuk mencari ilmu bahkan dalam sebuah riwayat disebutkan beliau sampai ke negeri afrika. Banyak meriwaytakan hadits dari para saabat sudah menjadi mufti pada zaman ibnu Abbas, belaiau banyak menagmbil hadits dan ilmu tafsir dari ibnu abbbas sampai-sampai beliau disebut salah satu dari fuqaha pada zamannnya. para pengusapun sangat menghornatinya. Selain beliau ahlu tafsirt dan hadits beliau juga alim terhadap shiroh sebgaimana yang disebutkan qatadah ikrimah adalah oreang yang paling tahu tentang nabi.
Ciri-ciri beliau: berjenggot putih suka memakai imamah (surban) yang diikatkan dikepala yang kedua ujungnya menjulur sampai kedua pundaknya.
Sanjungan ulama' kepada beliau :
Asy-syi'bi berkata :"tidakada seorangpun yang lebih pandai dari ikrimah"
Qotadah berkata :"orang yang mengetahui tentang halal dan haram adalah Al-hasan, dan orang yang paling menetahui tentang manasik adalah Atho' bin Abi Robah dan orang yang paling tahu tentang tafsir adalah ikrimah.
Sufyan ats-tsauri berkata : ambillah tafsir dari empat orang : sa'id bin zubeir, mujahid, ikrimah dan adh-dhahak.
Abdurraman bin abi hatim berkata : aku bertanya kepada ayahku tentang ikrimah dia menyebutkan dia adalah orang yang tsiqoh.
Jabir berkata : Ikrimah manusia yang paling pandai.
Amru bin dinare pernah bertanya kepada jabir bin zaid tentang ikrimah kemudian beliau menjawab ikrimah adalah lautan ilmu, maka bertanyalah kepadanya.
Disebutkan dalam kitab at-tafsir wal-mufasirun, bahwa ikrimah dapat dipercaya akan periwayatan haditsnya, memiliki ilmu yang luas, telah nampak dari diri beliau akan kefahamanya terhadap al-qur'an …………..bagaimana tidak demikian, karena beliau adalah sebagai pewaris ilmu Ibnu Abbas.
Kewafatannya di kota Madinah bersamaan dengan kewafatan seorang penyair tenar Kutsayyir Azzah dalam hari yang sama, sehingga dikatakan orang: "Seorang ilmiawan dan seorang penyair meninggal dunia".
Beliau wafat pada tahun 104 hijriah, semoda Allah meridhoi beliau.



Referensi :
·         At-tafsir al-mufasirun :M, Husain ad-zahabi.
·         Siar a'lam an-nubala'.
·         Tarikhul islam Imam Adz-zahabi.
·         Al-ma'rifah wat-tarikh.
·         Tahdzib at-tahdzib.
·         Al-bidayah wanihayah.

0 komentar:

Posting Komentar