Copyright © ISLAMIND
Design by Dzignine
Selasa, 13 Desember 2011

Alqomah bin qois annakha'i.


Alqomah bin qois annakha'i.
Qura’ kufah yang menyerupai ibnu mas’ud

Dia adalah alqomah bin qois bin adbullah bin malik bin alqomah bin salaman bin kahal. Dan ada juga yang mengatakan ibnu kahal bin bakar bin auf atau ibn muntasyiir ibn annakhai, annakha'I alkuufie ahli fiqih yang mulia. Pamannya aswad bin yazid dari pihak bapak. Dan pamannya ibrahim annakha'i dari pihak ibu.  ahli fikih yang agung.  Dilahirkan pada masa nabi S.A.W dan. dan termasuk sebagai muhadrom[1], dia berhijrah dalam mencari ilmu dan jihad.
Guru gurunya.
 ibnu mas'ud, ali, umar, abi darda' dan aisyah. umar ,usman, salman. kholid bin walid, khudaifah, khabab, sa'ad, ammar, abi mas'ud albadri, abi musa makkal bin sinan, salamah bin yazid alju'fi, shuraihk bin artoh, qois bin marwan.[2]. dan serius dalam belajar alqur'an pada ibnu mas'ud.
Murid muridnya.
 Ibrahim bin yazid annakha'I, abu ishaq assabi'I. suliaman al a'masyi, tolhah bin musyrif. ibrahim bin yazid annakha'I, dan ada juga yang mengatakan ibrahim bin yazid attaimi, ubaid bin nadhlah, yahya bin wasab,  hani' bin nuwairoh, abu dhuha bin muslim, abdurrohman bin yazid annakai, qosim bin mukhoiroh, musayyib bin nafi', abu dhibyan. yahya bin wasab, abu wail, sya'bi, muhammad bin sirin, abu dhobyan husaib  bin jundab aljanbi, abu ma'mar, abdullah bin sahbarah, salamah bin kuhail, keponakannya abdurrohman bin yazid abu ishaq assbi'I, amarah bin umair, abu qois, abdurrohman bin sarwan al audhi, abdurohman bin aujasah, qosin muhaimaroh, qois bin rummi, murroh attiyyib, hunai bin nuwairoh, yahya bin wahhab, yazid bin aus,  yazid bin muawiyah annkhai,  abu ruqod annkahi.
Kelebihannya.
Memiliki suara yang bagus, diriwayatkan darinya. Bahwa dia berkata "aku adalah seorang yang diberi oleh Allah suara yang bagus. Maka ibnu mas'ud pun memintaku untuk membacakan padanya, seraya berkata "bacalah, karena aku mendengar rosulullah S.A.W.bersabda "sesungguhnya suara yang bagus itu menghiasi alqur'an".. Terkenal sebagai orang yang dermawan, hafal alqur'an, mujtahid yang agung termasuk salah satu pembesar tabi'in dan yang menyerupai ibnu mas'ud  
Aklaqnya.
. Ahli dalam bidang fiqih dan rajin beribadah, zuhud dalam dunia.
telah bercerita pada kami ibrahim bin ishaq assoenie, dia berkata "bercerita pada kami qois bin robi' dari abi ishaq, berkata murrah attaibi" alqomah adalah orang yang suka menagis ketika membaca alqur'an. Yang mirip ibnu mas'ud dalam ilmunya dan diamnya.
Sanjungan ulama' terhadapnya.
 Berkata ahmad bin hanbal alqomah adalah orang yang siqoh yang banyak berbuat kebaikan dan inilah yang disiqohkan yahya bin main.
Dan berkata utsman bin said alqomah adalah hamba Allah yang paling faham.  berkata ibnu madani tidaklah para sahabat mempunyai teman yang hafal tentang fiqih kecuali tiga orang: zaid bin sabit, ibnu mas'ud, ibnu abbas. dan orang yang paling tau tentang ibnu mas'ud adalah alqomah, aswad, ubaidah, haris. diriwayatkan dari sufyan bin uyainah bahwa sya'bi berkata alqomah adalah orang paling banyak mulazamah pada abdullah bin mas'ud.
Dan bercerita pada kami abu hamid bin jablah, berkata muhammad bin ishaq, berkata, bercerita ismail bin abi harits, berkata abdul aziz bin aban dari malik bin maghul dari muaqol, dari abi safar dari murrah berkata "alqomah adalah generasi yang robbanie pada ummat ini[3]" aku(ibrahim annkha’i) berkata kepada bapakku, kenapa kamu mendatangi alqomah dan meninggalkan sahabat nabi muhamad, maka dia berkata: wahai anaku sesungguhnya para sahabat nabi muhammad mereka menanyakannya para sahabat memuliyakannya
 Diriwayatkan dari haisam bin adi dari khalid dari sya'bi berkata para fuqoha setelah sahabat rosululah di kufah  adalah alqomah, ubaidah, syuraih, masruq.
Dan diriwayatkan dari abdurrohman bin yazid dikatakan pada ibnu mas'ud, alqomah bukan pembaca alquran kami. Maka dia menjawab demi Allah sesungguhnya dia adalah pembaca alquran kalian
 Diriwatkan  dari mansur dari ibrahim berkata “murid ibnu masud yang membacakan alqur'an pada manusia adalah enam orang alqomah, aswad, masruq, ubaidah, abu maisaroh, amru bin sarhabil, haris  bin qois”. dan diriwayatkan dari israil dari ibrahim manakah yang lebih bagus alqomah. apakah aswad? maka dia menjawab “alqomah karena telah mengikuti perang siffin”.
 diriwayatkan mugiroh dari ibrahim  bahwa alqomah dan aswad pernah bersafar bersama abu bakar dan umar .
 dari ibrahim bahwa alqomah mengatamkan alquran dalam lima hari.
dan diriwayatkan dari sya'bi dia berkata jika ahlu bait dibuatkan kebun maka alqomah dan aswad adalah ahlu bait itu. 
Keluasan ilmunya.
. Berkata a'masyi " dulu aku belajar pada ibrahim, ketika ada suatu huruf yang di ingkarinya dari bacaanku. Dia tiak berkomentar begini atau begitu tapi dia berkata alqomah bin qois membacanya dengan demikian
julukannya.
Diriwayatkan dari mugiroh dari ibrahim berkata abdullah bin mas'ud menjuluki alqomah abu syibiil karena dia tidak mempunyai anak.
Tahun meninggalnya.
Alqomah bin qois meninggal pada tahun 62 hijriah. Dan para sahabat pun saling bertanya tentangnya. Adapun aisyah memuliyakannya. pindah ke kufah dan meninggal disana. Haitsam berkata "alqomah meninggal pada pemerintahan yazid” .
Umur alqomah adalah 90 tahun.
Rujukan:
  1. Albidayah wan nihayah.
  2. Siyar a’lamunnubala’
  3. Hilyatul auliya’
  4. Tobaqot kubra ibnu sa’d
  5. Tarih tasyri’


[1] Orang yang hidup pada masa nabi tapi tidak bertemu dengan nabi. Dan mati dalam keadaan islam.
[2] Albidayah wannihayah(J/7-Hal/185)
[3] hilyatul auliya'

0 komentar:

Posting Komentar