Copyright © ISLAMIND
Design by Dzignine
Senin, 12 Desember 2011

Gak Baca Bismillah.... RUGI !!!!



  Suatu ketika Adas budaknya Utbah bin Rabiah,memberikan anggur kepada Rasululloh SAW ,kemudian Rasululloh SAW mengambilnya dengan menyebut nama Alloh,seketika itu Adas langsung sujud tersungkur dihadapan Rasululloh SAW,dan menyatakan masuk islam.Ada apa dengan basmalah sehingga ketika Rasululloh SAW ketika mengucapkannya,Adas langsung mendapat petunjuk dan menyatakan masuk islam.
                             Rasululoh SAW ketika hendak melakukan sesuatu pekerjaan senantiasa memulainya dengan menyebut nama Alloh SWT,karena sesuatu pekerjaan yang dimulai dengan membaca nama Alloh akan mendapat barokah.
                            Memulai dengan nama Alloh dan menyebutnya sebelum memulai segala sesuatu,dengannya Alloh akan menolong{memudahka} dalam semua urusan,menuntut hanya kepadaNya terdapat pertolongan,bahwasanNya Dia Ar-Rabb yang disembah yang mempunyai keutamaan dan kedermawanan,yang luas rahmatNya banyak keutamaan dan kebaikan,luas rahmatNya meliputi segala sesuatu,dan keutamaanNya umum kepada semua manusia.
بسم الله الرحمن الرحيم  Alloh membuka dengan ayat ini surat Al-Fatihah dan setiap surat dari surat-surat Al-Qur'an kecuali surat At-Taubah,untuk menunjuki kaum muslimin agar mereka memulai amalan-amalan mereka dan perkataan-perkataan mereka dengan بسم الله الرحمن الرحيم,sebagai tuntutan untuk pertolonganNya dan taufikNya,dan menyelisihi para penyembah berhala yang mana mereka memulai amalan-amalan mereka dengan nama-nama tuhan mereka atau thaghut-thaghut mereka,mereka mengatakan:"Dengan nama Lata,atau dengan nama Uzza,atau dengan nama Sya'ab,atau dengan nama Hubal.
                           At-Thobari berkata:"Sesungguhnya Alloh Ta'ala menyebutnya dan mensucikan nama-namaNya,mendidik NabiNya Muhammad SAW dengan mengajarkannya menyebut nama-namaNya yang baik didepan semua perbuatan-perbuatannya,Dan Aloh menjadikannya untuk semua makhlukNya sunah agar mereka mengambilnya,dan sebagai jalan agar mereka mengikutinya,  maka  Dia mengatakan بسم الله الرحمن الرحيم,apabila membuka surat,sesuai dengan maksudnya:bacalah dengan nama Alloh,begitu juga amal-amal yang lain.
Dengan mengucapkan basmalah setiap memulai sesuatu pekerjaan akan membawa manfaat yang sangat besar,contohnya:
  • Dengan mengucapkan basmalah ketika hendak memulai sesuatu,maka semua amalan yang terjadi setelah mengucapkan basmalah akan mengandung manfaat untuk orang lain.Karena prinsip seorang muslim adalah menolong,membantu dan meringankan beban orang lain.
  • Kita ingat dengan istilah aksi min reaksi ,yaitu bahwa setiap aksi itu akan menimbulkan reaksi,setiap perbuatan baik akan menimbulkan reaksi yang baik yaitu pahala,begitu juga setiap perbuatan yang buruk akan menimbulkan reaksi yang buruk yaitu akan mendapat siksa.Oleh karena itu reaksi yang muncul ketika seorang mengucapkan basmalah dalam memulai segala sesuatu akan baik dan bermanfaat,reaksi yang timbul dari basmalah adalah perbuatan yang baik,maka tidak mungkin ketika seorang ingin berbuat jahat misalnya mencuri,berjudi,merampok ia mengawalinya dengan membaca basmalah.
  • Manfaat yang timbul dari basmalah seperti lebah yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.Seperti dijelaskan dalam firman Alloh:
4ym÷rr&ur y7/u n<Î) È@øtª[$# Èbr& ÉσªB$# z`ÏB ÉA$t6Ågø:$# $Y?qãç/ z`ÏBur ̍yf¤±9$# $£JÏBur tbqä©Ì÷ètƒ ÇÏÑÈ §NèO Í?ä. `ÏB Èe@ä. ÏNºtyJ¨W9$# Å5è=ó$$sù Ÿ@ç7ß Å7În/u Wxä9èŒ 4 ßlãøƒs .`ÏB $ygÏRqäÜç/ Ò>#uŽŸ° ì#Î=tFøƒC ¼çmçRºuqø9r& ÏmŠÏù Öä!$xÿÏ© Ĩ$¨Z=Ïj9 3 ¨bÎ) Îû y7Ï9ºsŒ ZptƒUy 5Qöqs)Ïj9 tbr㍩3xÿtGtƒ ÇÏÒÈ

0 komentar:

Posting Komentar